Aplikasi RCUD dengan Java di BlueJ

Assalamualaikum,
Hallo Gaess...

Pada postingan "Membuat Database dengan Java di BlueJ" kita telah belajar membuat database dengan bahasa Pemrograman Java. maka postingan kali ini adalah lanjutannya yaitu membuat aplikasinya.

Sebelum kita mulai RCUD itu apa sih? RCUD adalah kependekan dari Read (Membaca), Create(Membuat), Update(Memperbarui), dan Delete (Menghapus).

Read (Membaca) merupakan sebuah pengertian yang berarti membaca data-data yang telah diinput kedalam database. Dalam pemrograman java biasanya menggunakan JTable.

Create(Membuat) merupakan sebuah kondisi dimana operator memasukan/meng-input data-data kedalam database. Contoh yang paling sering kita jumpai adalah form pendaftaran online.

Update(Memperbarui) merupakan sebuah kondisi dimana operator merubah/meng-edit data pada database. Contoh yang paling sering kita jumpai adalah merubah password email atau media sosial.

Delete(Menghapus) namanya aja menghapus yang pasti menghapus data di database. Nenek-nenek salto sambil foto selfie juga tau keless !!! #mulaiAlay

Ini penampakan dari aplikasinya.. Beekiicooott.. ehh... Cekidooott..


Dan ini adalah Source Code nya...



Sebenarnya codingan diatas gak murni dibuat di BlueJ. Saya membuat design nya dengan menggunakan netbean IDE sisanya dibuat diBlueJ. Menurut saya hal itu tidak jadi masalah karena editor BlueJ hanya bertujuan untuk mengerti dasar-dasar pemrograman java, yang penting memahami algoritma dan logikanya membuat aplikasi RCUD.

Aplikasi tersebut merupakan satu kesatuan dari database yang dibuat sebelumnya. Jadi sebelum menjalankan aplikasinya anda wajib menjalankan source code databasenya.

Ok deh. itu saja dulu. Semoga membatu.

Wassalamualikum Wr.Wb
ryan*/

Terima Kasih

Previous
Next Post »

7 komentar

Write komentar
Unknown
AUTHOR
April 11, 2016 10:10 AM delete

souce code ada yang kurang bro ? ane compile di blue j gak jalan

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
Juni 19, 2016 11:52 AM delete

ini mah copy an source dari netbeans bro

Reply
avatar
dwi priyadi
AUTHOR
April 02, 2017 11:24 AM delete

Bro yg murni blue j dong

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Oktober 11, 2017 1:46 AM delete

ini kalo outputnya hasilnya begini kaya gimana ya? biasanya kalo bluej di compile, output kaya text biasa gitu.

Reply
avatar
LRUNE090
AUTHOR
Oktober 25, 2018 9:08 PM delete

gan... buat databasenya gimana??

Reply
avatar