Cara Upgrade Windows 10 dari windows 7 SP1

Assalamualaikum Wr.Wb

Postingan kali ini membahas tentang Upgrade Windows 10 dari windows 7 Service Pack 1. sebenarnya sih ini curhat juga.

Tutorial kali ini adalah pengalaman saya dan teman-teman kantor saya, berhubung sebagian dari kami menggunakan windows 7 Profesional Service Pack 1 (Original License). Sesaat setelah Microsoft mengumumkan update windows 10 pada tgl 29 Juli 2015 dapat dilakukan dari windows 8, Windows 8.1 dan Windows 7 SP1, kami langsung mencoba untuk upgrade ke Windows 10. Tapi hanya satu orang dari kami yang bisa upgrade ke windows 10 karena menggunakan windows 8.1 original, sedangkan yg menggunakan windows 7 belum dapat notifikasi untuk update. Rekan-rekan saya (termasuk saya) yang belum dapat notifikasi update ke windows 10 mencari cara agar bisa update, sementara info dari mbah google masih sedikit. pusing kan gue jadinya.

Ok deh keeseokan harinya tgl 30 Juli 2015. Web Microsoft memberikan file .iso windows 10. Langsung dah download file .iso -nya, kami buat booting melalui flashdisk kemudian instal di laptop, windows 7 sebelumnya saya format abis dan hasilnya pun sukses, tapi windows not actived. Ya sudah saya ngopi dulu sambil ngerokok sebatang siapa tau dapet wangsit. haaha

Tapi akhirnya beneran dapet tuh wangsit dan ini yang akan saya tuliskan sebagai tutorial  Upgrade Windows 10 dari windows 7 SP1. (Dibaca dulu ya sampai selesai)

Syarat : 

  1. Windows 7 all base service pack 1. (Original). kalau yang bajakan saya belum tahu bisa atau tidak.
  2. Download Tool Window 10. DISINI . scroll ke bawah pilih 32 bit version atau 64 version sesuaikan dengan architectur OS anda. Windows Tool Now file size 17 Mb. catatan ini bukan file iso tapi tool untuk download file windows 10.iso
  3. Flashdisk minimal 4 Gb untuk booting.
  4. Software Rufus Portable untuk membuat booting windows melalui flashdisk. Yang belom punya download DISINI.
  5. Kuota internet kurang lebih 5Gb, karena file windows 10.iso 2.5 Giga-an. usahakan internet stabil tidak putus-putus sampai proses selesai.
  6. Lama proses kurang lebih 3 jam tergantung kecepatan inet.


Lanjut ke proses upgrade.

Sebelumnya saya katakan bahwa laptop saya telah terinstal windows 10 yang belum actived. Kemudian saya instal ulang ke windows 7 profesional SP1 32 bit yang Original.

Langkah pertama
Mendownload file windows 10.iso untuk dijadikan booting melalui flashdisk.

Download Windows Tool Now anda akan mendapatkan file bernama MediaCreationTool.exe . run file tersebut klik yes. dan akan muncul tampilan.



Plih Create installation media for another PC => Next



Select language, architecture and edition
Setting sesuai keinginan anda, kalau punya saya seperti yang diatas. untuk Architecture samakan dengan OS yang anda miliki => Next


select ISO file => Next 
kemudian beri nama Windows10 lalu Save


Silahkan ngopi, makan, nonton tv, jalan-jalan, teleponan sama pacar, bantuin emak kek, ngapain kek terserah lu dah. haha


Finish

Cek pada tempat menyimpan Windows10.iso, saya dapetnya file size 2.5 Gb

Langkah ke 2

Membuat Bootable windows dengan flashdisk

Jalankan Rufus,


Klik pada icon seperti yang saya beri tanda panah merah.

File directory akan terbuka
Cari file windows10.iso yang tadi di download kemudian klik Open.
kalo sudah klik Start.

Silahkan ngopi lagi, makan lagi, nonton tv lagi, jalan-jalan lagi, teleponan sama pacar lagi, bantuin emak lagi, ngapain lagi kek terserah lu dah.

Jika sudah selesai, pada rufus akan terlihat di bagian bawah kiri dengan tulisan DONE. kemudian klik close.

Langkah ke 3

Pastikan komputer anda terhubung dengan internet yang stabil. Karena proses ini akan terhubung ke Microsoft untuk pengecekan Update Windows.
Buka Flashdisk anda yang telah dijadikan bootable. Nama flashdsik akan berubah menjadi ESD-ISO (jika anda mengikuti sesuai dengan petunjuk rufus diatas).
Klik setup kemudian akan tampil


Klik Next

Silahkan ngopi lagi, makan lagi, nonton tv lagi, jalan-jalan lagi, teleponan sama pacar lagi, bantuin emak lagi, ngapain lagi kek terserah lu dah.

Proses diatas adalah proses terakhir dan memakan waktu cukup lama.
Saya mohon maaf karena saya tidak bisa memberikan screenshot selanjutnya. Kalau tidak salah ingat nanti di tengah proses ada semacam pilihan tinggal klik Yes.
Setelah selesai Laptop atau PC anda telah menjadi Window 10 Actived.
Ini Screenshot dari saya. 


Windows 10 berhasil di Upgrade. (Di Laptop Saya dan 2 rekan kantor saya dengan cara yang sama).

Jika anda ingin mencobanya Tutorial dari saya. Monggoooo.
Kalau berhasil ya Alhamdulillah. kalau gagal yang sabar.

Sekian dulu deh. Semoga bermanfaat, semoga kita selalu sehat untuk terus berbagi ilmu.
Saya mohon maaf kalau ada salah kata dan kalimat yang kurang berkenan bagi anda.

Wassalamualaikum Wr.Wb




Terima Kasih

Previous
Next Post »