Membuat Kode Unik Otomatis Berdasarkan Tanggal PHP MYSQL

Assalamualaikum. Hallo Gaes

Postingan kali ini ga ada cerita khusus, cuma mau bagi-bagi ilmu aja, daripada saya cuma iseng ga jelas menunggu kepastian dari dia yang sudah lama tidak ada kabarnya, lebih baik belajar ngoding.

Ok deh langsung aja, yang mau saya bahas adalah pertama saya kepikiran dengan kode unik yang banyak saya lihat, contoh Nomor induk mahasiswa, code belanja online, code barang, code registrasi dll (dan lupa lagi). Saya yakin pasti membuatnya menggunakan bahasa pemrograman dan database, tapi gimana caranya?PIYE CARANEE?

Muterin google dapet referensi dari 2 website ini
(sumber:)

Berbeda dengan yang saya posting, yang saya buat lebih disederhanakan lagi.
Alur programnya gini :
Masukan NAMA klik SAVE lalu tampilkan ID UNIK data dari database

Contoh ID UNIK 201605260001, 201605260002, 201605260003, 201605260004
digit 1-4 kode Tahun
digit 5-6 kode Bulan
digit 7-8 kode tanggal
digit 9-12 kode nama atau lebih tepatnya kode urutan data yang diinputkan ke dalam database.

Yuks mulai pembuatannya, pertama-tama jangan lupa bikin kopi dulu

Bikin databasenya di XAMPP
nama db : coba
nama table id_unik
field 1 : Nama id, Type varchar, values 12 Primary
field 2 : Name nama, type varchar, values 30



SRUPUT KOPI
lanjut Buat FOLDER di dalam htdocs dengan nama coba buat folder lagi dengan nama id 
Copy-kan code dibawah ini dengan beri nama index.php
index.php hanya bikin form

lanjut SRUPUT KOPI bikin koneksi.php untuk menghubungkan ke database

SRUPUT KOPI lanjut bikin proses.php
proses.php adalah kunci dari pembuatan id unik.

SRUPUT KOPI lanjut bikin liat.php

Simpan semua di dalam folder database. kemudian jalankan melalui browser.
But Before SRUPUT KOPI

 tampilan index.php


tampilah liat.php yang sudah saya masukan beberapa data pada tanggal 26 Mei 2016


Jika data yang dimasukan hari selanjutnya 27 Mei 2016 maka 4 digit terakhir akan kembali ke nomor 0001


codingan diatas adalah contoh sederhana yang saya cari dan saya buat selama 2 hari kemarin. Jika ada salah dalam penulisan code maupun penjelasan saya mohon kritikan dan pencerahannya, saya juga masih belajar. HEHE SRUPUT KOPI

Ok deh  sampai disini aja dulu ilmu baru yang saya dapatkan, mudah-mudahan bisa bermanfaat.
Makaaseeeehh
akhir kata SRUPUT KOPI

Wassalamualaikum Wr.Wb
NB : Jangan lupa gelas kopinya dicuci

Terima Kasih

Previous
Next Post »

7 komentar

Write komentar
bintang
AUTHOR
Juli 12, 2016 3:03 PM delete

WOrk...!! makasih banyak ilmunya ^_^

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
April 04, 2017 11:58 AM delete

makasi info nya Admin-san nanti di coba

Reply
avatar
April 27, 2018 6:03 PM delete

Makasih Min ilmunya,kebetulan lagi cari-cari ini butuh banget buat TA...

MANTAPPPPPS

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Agustus 05, 2018 9:52 PM delete

gan itu yang javascript yg paling bawah di file index buat apaan ?

Reply
avatar
Kholis M F
AUTHOR
Agustus 06, 2018 5:24 PM delete

error gan

Warning: mysql_fetch_array() expects parameter 1 to be resource, boolean given in C:\xampp\htdocs\tokoTA\Admin\tambahadmin.php on line 27

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Agustus 07, 2018 11:22 AM delete

kok nomer id unik nya gak nambah ya jadi tetep 1 aja urutannya

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Januari 05, 2019 9:12 AM delete

Ini kenapa ya id nya kok ttp 1 ngak nambah jadi 2 dst ?

Reply
avatar